8 Juli 2013

Perkembangan Teknologi Terapan Sebagai Teknologi Alternatif


Oleh: Rini Indriarti, S.Kom

Kemajuan negara sangat dipengaruhi oleh kemampuan menguasai dan memanfaatkan ilmu pengetahuan. Dalam hal teknologi yang didefinisikan sebagai entitas, benda maupun tak benda yang diciptakan secara terpadu melalui perbuatan dan pemikiran untuk mencapai nilai yang merujuk pada sekumpulan teknik-teknik. Dalam konteks ini teknologi adalah keadaan pengetahuan manusia tentang bagaimana cara memadukan sumber-sumber, guna menghasilkan produk-produk yang dikehendaki, menyelesaikan masalah, memenuhi kebutuhan, atau memuaskan keinginan meliputi: metode teknis, ketrampilan, proses, teknik, perangkat, dan bahan mentah.

Teknologi merupakan konsekuensi dari ilmu dan rekayasa, di mana kemajuan teknologi dihasilkan dari pengembangan cara-cara lama atau penemuan metode baru dalam menyelesaikan tugas-tugas. Ada 3 klasifikasi dasar dari kemajuan teknologi yaitu:
·         Kemajuan teknologi yang bersifat netral (neutral technological progress)
·         Kemajuan teknologi yang hemat tenaga kerja (labor-saving technological progress)
·         Kemajuan teknologi yang hemat modal (capital-saving technological)

Apakah Indonesia harus menerapkan teknologi yang demikian?

Menurut pandangan kami. Indonesia yang terdiri dari berbagai pulau dengan hasil bumi yang dibutuhkan ada, sehingga teknologi yang dikembangkan bertujuan untuk membuat hidup lebih baik, efisien dan mudah, yang memenuhi persyaratan teknis, ekonomi, dan sosial budaya.

Bagaimana dengan pendidikan teknologi?

Banyak orang yang berpendapat bahwa teknologi harus bercirikan mesin-mesin industry yang besar, oesawat terbang atau computer. Padahal pengertian teknologi adalah upaya manusia untuk membuat manusia lebih sejahtera, lebih baik, dan lebih mudah. Sehingga nilai pengembangan yang dibutuhkan di sini. Oleh karena itu, pendidikan teknologi adalah usaha mengenali keadaan lingkungan dan kemampuan masyarakat dalam mengantisipasi lingkungannya. Dengan pengenalan keadaan lingkungan dan kemampuan masyarakat, pendidikan teknologi harus berusaha dan bercirikan mengembangkan kemampuan masyarakat dalam mengantisipasi lingkungan sehingga masyarakat lebih mudah, lebih enak, yang terpenting lebih sejahtera.

Apa sebenarnya teknologi terapan?

Teknologi terapan adalah suatu produk yang merupakan hasil antara pembuatan dan perpaduan dari produk-produk teknologi. Adapun fungsi dari teknologi terapan adalah menjembatani riset yang dilakukan para peneliti dengan teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya pemanfaatan dari lingkungan antara lain: pemanfaatan sinar matahari sebagai sumber listrik di pedesaan dengan penggunaan solar sel, hydrogen di mana unsur yang berlimpah di bumi bila digabungkan dengan unsur-unsur lain yang dapat membantu pembentukan senyawa kimia seperti air dan H2O menghasilkan energy hydrogen yang digunakan sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan, kincir air yang menghasilkan tenaga listrik, pemanfaatan pembangkit listrik tenaga angin dengan memanfatkan turbin angin.

Dalam bidang peternakan, pemanfaatan teknologi berbasis kawasan misalnya yang didukung klasifikasi kawasan menurut sumber daya maupun pasca produksi hingga pengelolaan limbah ternak menjadi nutrisi tanaman (pupuk), bahan baku untuk energy (metana)

Dalam bidang pertanian, pengelolaan debit air yang tepat menghasilkan pertumbuhan yang bagus bagi tanaman, fiberbrick produk komposit yang berbahan baku limbah padat kelapa sawir yang merupakan salah satu produk komposit berupa biomassa yang dipadatkan dan dibetuk dengan tujuan penggunaan sebagai bahan pengganti batu bata pada pembuatan kontruksi dinding, minibrick (fertilizer supplement) sebagai media tanam dan pengembangannya.

Dalam bidang kesehatan, perpaduan teknologi informasi modern, yaitu computer dan komunikasi dengan bidang kesehatan meliputi rekam medic elektronik, sitem pendukung keputusan medis hingga pemanfaatan internet dan intranet. Dalam subdomain bioinformatika (riset dan aplikasi yang memfasilitasi upaya-upaya rekayasa genetic, penemuan vaksin, hingga riset tentang human genome project), medical imaging (informasi pencitraan) yaitu aspek pengolahan data dan informasi digital pada jaringan dan organ, informatika klinis yang mengkasji berbagai inovasi teknologi untuk mendukung pelayanan pasien, komunikasi dokter pasien, mempermudah dokter mengumpulkan hingga mengolah data, serta informatika kesehatan masyarakat untuk mendukung pelayanan, pendidikan dan pembelajaran kesehatan masyarakat.

Dalam dunia pendidikan, sesuai dengan standar dan kompetensi program untuk menunjukkan pengetahuan dan keterampilan dalam standar kompetensi, dengan menggunakan teknologi informasi, antara lain: bidang kesehatan, meteorology dan geofisika, pariwisata, pemerintahan, bisnis, dan lain sebagainya. Dalam bidang teknologi kami tuliskan tentang bangkitnya teknologi komunikasi yang memperkecil hambatan interaksi sesame manusia dan sebagai hasilnya melahirkan sub-kebudayaan baru, bangkitnya dunia maya yang berbasis pada internet dan computer, teknologi yang digunakan membebaskan orang untuk mengakses semua kebutuhan tanpa terbatas ruang dan waktu.

Dari semua uraian di atas dapat diambil suatu manfaat bawa perkembangan teknologi terapan sebagai teknologi alternative sangat dibutuhkan guna mempermudah manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup dan mensejahterakan kehidupan manusia. Dalam implementasinya teknologi diharapkan mampu bersinergi dengan alam lingkungan, sosial budaya, dan masyarakat Indonesia. Oleh sebab itu, tugas perguruan tinggi yang berkaitan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi mempunyai peran sangat penting dalam perkembangan dan kemajuan teknologi di Indonesia dan tetap memegang teguh nilai-nilai luhur Pancasila dan UUD 1945.


Sumber: Warta Nusantara Edisi ke-5 September 2012

Tidak ada komentar: